Selasa, 30 November 2010

Belajar IT = Penting + Wajib

Perkembangan teknologi informasi kini berkembang dengan sangat pesat, bahkan dalam hitungan detik pun perubahan teknologi bisa terjadi. Perubahan – perubahan yang terjadi ditandai dengan derasnya informasi yang masuk dari berbagai penjuru dunia. Sehingga informasi menjadi komoditi yang berharga bagi kemajuan suatu bangsa. Hal tersebut dikarenakan teknologi informasi dapat memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa harus kehilangan kehumanisannya. Teknologi informasi dan komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb dapat digunakan sebagai media pendidikan komunikasi dan informasi. Dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa, maka dari itu belar IT penting dan hukumnya wajib.
Dengan adanya sistem teknologi informasi ini, telah banyak memberikan solusi dan kemudahan bagi banyak orang dan pada berbagai sektor kehidupan. Banyak dampak positif yang didapatkan dengan belajar mengenai teknologi informasi ini, meskipun ada dampak negatif yang ditimbulkan dari pemanfaatan teknologi tersebut. Namun itu semua tidak terlepas pada kepiawaian seseorang dalam memilah dan memilih informasi yang dibutuhkannya dan mana informasi yang baik bagi dirinya atau pun sebaliknya
Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini kini di STIE Malangkuçeçwara Malang dosen dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan mahasiswa. Demikian pula mahasiswa juga dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.E-learning juga memungkinkan seseorang dapat belajar dari mana saja tanpa dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu. Hanya dengan memanfaatkan sebuah komputer yang terhubung ke internet, akses ke sumber informasi (e-library/digital library, e-book, e-journal, artikel dan hasil penelitian) menjadi mudah dilakukan, begitu pula dengan akses ke para dosen yang berkompeten di bidangnya.
E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu:
(1) E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,
(2) Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar,
(3) Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional.
(Rosenberg 2001; 28)
Dengan penerapan sistem pembelajaran cyber teaching tersebut, pengerjaan dan pengumpulan tugas-tugas dan pendistribusian materi dalam kegiatan perkuliahan di STIE Malangkuçeçwara Malang dapat dilakukan dengan lebih mudah antar dosen dan juga dengan mahasiswa. Padahal dahulu, seorang mahasiswa harus berjalan jauh menempuh ruang dan waktu (bersusah payah) untuk menemui seorang dosen untuk mendiskusikan sebuah masalah. Namun kini hal tersebut dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email.

Seiring dengan pemanfaatan dan perkembangan teknologi informasi, peran dunia pendidikan menjadi sangat strategis dalam menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan tanggap dalam menghadapi tuntutan perubahan zaman. Dan tidak menutup kemungkinan, jika pengetahuan dan penguasaan terhadap Sistem Teknologi Informasi menjadi matakuliah wajib bagi setiap mahasiswa di semua perguruan tinggi yang kini diterapkan di STIE Malangkuçeçwara Malang, sebagai tanggapan atas tantangan dan tuntutan perubahan zaman.
Sehingga STIE Malangkuçeçwara Malang menjadi perguruan tinggi percontohan yang menghasilkan tenaga – tenaga profesional dalam bidang kependidikan dan bidang – bidang yang lainnya, yang mampu membekali mahasiswanya dengan pengetahuan, pemahaman dan penguasaan terhadap sistem teknologi informasi yang kini telah memasuki berbagai sektor kehidupan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar